Monday, March 25, 2013

Tugas Petugas Haji Indonesia di Arab Saudi baik di Jeddah, Madinah maupun Mekkah adalah merupakan suatu tugas yang sangat kompleks dan ekstra. Setiap petugas diwajibkan memiliki kemampuan khusus dalam menjalankan tugasnya, karena petugas haji yang berjumlah hanya ratusan orang akan mengurus jamaah haji Indonesia yang jumlahnya lebih dari 200.000 orang.

Tugas Petugas Haji Indonesia

Petugas Haji Daerah kerja Jeddah dan Madinah akan diberangkatkan terlebih dahulu ke Saudi Arabia, dan kemudian beberapa hari setelahnya disusul oleh Petugas haji Daker Mekkah. Petugas haji ini memiliki tugas masing masing, dan biasanya diberlakukan sistem piket untuk menghemat tenaga para petugas dan memastikan kesehatan dari petugas haji itu sendiri.

Setiap petugas haji akan bekerja ekstra keras dalam membantu tamu tamu allah di tanah suci. Tidak jarang mereka bekerja lebih dari 12 jam dalam sehari. Sebagai gambaran saja pada tahun 2013 kemarin, jumlah petugas haji Daker Jeddah dan madinah yang diberangkatkan adalah sebanyak 334 orang, dimana 127 orang adalah merupakan tenaga kesehatan dan 207 sisanya adalah merupakan petugas haji dari kementerian Agama.

Jumlah petugas haji yang terbatas tentunya memerlukan perhatian khusus dari pemerintah karena beban kerja yang terlalu berat dengan jumlah petugas minimal akan membuat koordinasi satu sama lain tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan. Porsi pembekalan petugas haji pun rasanya perlu ditingkatkan dari segi waktu mengigat jumlah jamaah haji Indonesia kebanyakan adalah Jamaah Haji Risti dengan umur yang telah lanjut usia.

0 comments:

Post a Comment